Sabtu, 01 Oktober 2011

Tips Memilih Laptop Dengan Benar


Tips Memilih Laptop Dengan Benar

Mungkin bagi Anda yang ingin beralih dari PC ke laptop, belum mengetahui cara-cara memilih laptop yang baik. Banyak berbagai merk Laptop beredar di pasaran. Hal ini akan membuat Kita menjadi pusing untuk memilihnya. Nah, artikel kali ini akan mengulas cara memilih laptop yang baik agar tidak menyesal nantinya.
Pada dasarnya, semua laptop adalah sama. Mengapa saya bilang demikian? Itu karena spesifikasi laptop, sama-sama menggunakan processor Intel atau AMD. Meskipun demikian, tetap kita harus selektif memilih merk laptop dengan baik. Berikut vendor-vendor laptop internasional diurut berdasarkan rangkingnya:
  • Apple Macintosh
  • Sony Vaio
  • Toshiba
  • Hewlett-Packard, Compaq
  • Dell
  • Asus
  • Lenovo
Ketujuh laptop diatas adalah termasuk jenis-jenis laptop terpercaya. Namun, kita juga harus mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing vendor.
  • Apple Macintosh
Laptop ini menggunakan system operasi Macintosh. Kelebihan dari laptop ini adalah spesifikasi yang tinggi dan model  yang elegan. Namun kelemahannya, laptop ini sulit sekali didapati di kota-kota kecil. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup tinggi. Juga Sistem Operasi yang digunakan laptop ini memiliki cara kerja yang rumit. Sangat tidak dianjurkan memilih laptop ini apabila masih dalam status amatir.
  • Sony Vaio
Kebanyakan dari Laptop Sony Vaio memiliki Sistem Operasi paket langsung di laptopnya. Maksudnya, rata-rata dari laptop ini sudah ada Genuine Windowsnya. Selain itu, Laptop ini memiliki design yang menawan, performa yang tinggi, dan spesifikasi yang lengkap. Sama seperti Apple, Sony Vaio cukup menguras budget. Untuk mendapatkan spesifikasi standart, Anda harus merogoh kocek sekitar 15 juta rupiah. Tetapi, laptop ini sudah banyak dijumpai di kota-kota kecil.
  • Toshiba
Bisa dikatakan Toshiba adalah Laptop Bagus Yang Ekonomis. Bagi Anda yang ingin mempunyai laptop bagus yang ekonomis, Toshiba bisa menjawab. Mengapa Toshiba terkesan murah? Kebanyakan dari Toshiba tidak disertai Sistem Operasi bawaan. Jadi Anda harus menginstalnya sendiri. Kelemahan dari laptop ini adalah rata-rata design adalah design yang klasik. Maksudnya berbentuk kotak. Sudah banyak beredar di pasaran.
  • Hewlett-Packard, Compaq
Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa HP dan Compaq dijadikan satu di artikel kali ini? Itu dikarenakan Compaq merupakan bagian produksi dari Hewlett-Packard Company. Kelebihan dari Laptop HP (biasanya jenis pavilion) adalah model dan design yang elegan. Selain itu, tombol yang digunakan menggunakan sensor lampu. Tombol yang dimaksudkan adalah tombol untuk memperbesar volume, mengatur brightness, dan lain-lain. Kelemahan dari laptop ini adalah, kebanyakan terbuat dari logam. Sehingga terkadang memberikan efek setruman kepada Anda. Selain itu, performanya rata-rata tidak terlalu istimewa. Tetapi, masih dalam keadaan standart. Bisa dikatakan bahwa HP Pavillion adalah Laptop dengan Design yang keren. Sedangkan Compaq (biasanya Presario), performa yang ditawarkan rata-rata sangat istimewa. Kebanyakan laptop Compaq sudah menggunakan processor Core (walaupun terkadang ada juga yang Pentium). Kelemahan dari Laptop ini adalah modelnya yang klasik. Sehingga laptop ini tidak cocok untuk dibuat gaya. Bisa dikatakan bahwa Compaq adalah Laptop dengan Otak yang encer.
  • Dell
Laptop ini merupakan laptop yang paling awet diantara semua. Laptop ini bisa bertahan hingga 6 tahun (hasil pakai yang terawat). Selain itu, performanya juga sangat istimewa. Harganya pun cukup terjangkau. Kelemahan dari laptop ini adalah jarangnya penggunaan VGA card pada laptopnya. Hal ini membuat para gamer tidak memilih laptop ini. Selain itu, bentuk dan desainnya jelek sehingga laptop ini terlihat lawas. Namun, jika tidak digunakan untuk gaya, kelemahan ini tidak akan jadi masalah bagi Anda.
  • Asus
Laptop Para Gamer. Mungkin julukan inilah yang pantas disandang untuk ASUS. Hampir semua laptop ASUS dilengkapi dengan video card. Selain itu, hamper semua games direkomendasikan oleh ASUS. Jadi jika kamu gamer sejati, lebih baik memilih laptop ini. Kelemahan dari laptop ini adalah performa yang lambat. Jika digunakan untuk membuka program berat sejenis Corel dan PhotoShop seringkali terjadi hang. Sangat tidak cocok digunakan untuk pegawai kantoran. Karena akan mempersusah kerja Anda.
  • Lenovo
Nama baru. Namun jangan diremehkan. Vendor yang satu ini, sama seperti Sony Vaio dan Toshiba. Namun jauh lebih murah lagi. Saya tidak berani berbicara banyak. Karena saya tidak pernah melakukan uji coba terhadap laptop ini.
Setelah mengetahui vendor-vendor laptop, berikut hal-hal lainnya agar kita tidak menyesal ketika membeli laptop:
  • Pastikan membeli laptop yang baru. Karena biasanya laptop second hand perlu dipertanyakan kualitasnya
  • Jika terpaksa membeli second, pastikan membeli di toko terpercaya
  • Jika membeli baru, pastikan laptop dalam keadaan tersegel baik luar maupun dalam. Karena apabila segel dalam terbuka, harga jual akan jatuh
  • Pastikan kartu garansi telah dikirim ke vendor atau produk Anda telah terigistrasi
  • Beli laptop sesuai kebutuhan Anda. Pilih spesifikasi yang cocok dengan Anda
  • Apabila Laptop sudah ada OS bawaannya, pastikan disertai segel untuk mengecek keasliannya
  • Cek kelengkapan perangkat laptop sebelum meninggalkan toko
  • Bila perlu, belilah tas yang bagus dan tebal. Hal ini akan mencegah benturan kepada laptop

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar